Thursday 19 June 2014

Mencari Artikel di Situs Tertentu dengan Bantuan Google

Situs yang baik seharusnya memiliki fasilitas Search yang baik. Gunanya, agar Anda mudah untuk menemukan informasi-informasi tertentu pada arsip situs tersebut. Namun adakalanya Anda tidak berhasil menemukan data yang Anda cari. Bukan karena data tersebut tidak tersedia di situs yang bersangkutan, melainkan karena data tersebut tidak berhasil ditemukan oleh fitur Search. Bagaimana solusinya?

Anda dapat meminta bantuan pada situs-situs mesin pencari, seperti www.yahoo.com, www.google.com, dan sebagainya. Dengan cara konvensional, Anda bisa mengetik kata kunci tertentu di kotak isian Search pada situs mesin pencari tersebut, lalu klik tombol Search. Ini adalah cara yang standar dan biasanya hasilnya cukup efektif.

Namun kelemahannya, Anda akan menemukan hasil pencarian dari berbagai situs dari seluruh dunia. Padahal Anda hanya ingin mencari data dari sebuah situs saja.

Salah satu solusinya adalah "meminta bantuan" pada mesin pencari terpopuler saat ini, www.google.com. Situs ini memiliki fitur-fitur pencarian data yang lebih variatif, sehingga mempermudah Anda dalam mencari data sesuai keinginan Anda.

Untuk mencari data tertentu dari situs tertentu, Anda tinggal menggunakan rumus berikut:

site:[alamat situs] [kata kunci]

Sebagai misal, Anda hendak mencari artikel tentang virus dari situs www.detik.com. Maka Anda tinggal memasukkan rumus berikut pada kotak isian Search di Google.com:
site:www.detik.com virus
Setelah itu klik Search (atau Cari). Nah, mudah bukan?

0 comments:

Post a Comment