Thursday 19 June 2014

Tombol Rahasia pada Microsoft Word

Terlalu repot rasanya jika kita harus mengetahui seluruh fitur pada sebuah aplikasi. Fitur-fitur baru bisa kita temukan jika kita semakin sering menggunakan aplikasi tersebut. Pada Microsoft Word - salah satu aplikasi Windows terpopuler - pun, kondisi seperti ini tak terhindarkan. Ada tiga tombol khusus pada scroll bar yang mungkin jarang Anda perhatikan. Untuk itu, kita namakan saja "tombol rahasia".

Untuk "menyingkap" rahasia tersebut, coba perhatikan baik-baik bagian pojok kanan bawah dari scroll bar di jendela Microsoft Word. Setelah itu, simak penjelasan di bawah ini.

Ada tiga tombol pada scroll bar tersebut. Tombol teratas adalah yang berbentuk dua segitiga menghadap ke atas. Tombol kedua, berbentuk bulatan kecil. Sedangkan tombol ketiga berbentuk dua segitiga menghadap ke bawah.

Tombol pertama dan kedua memiliki fungsi yang ajaib. Ia bisa mengingat "jejak langkah" atau pergerakan kursor Anda. Untuk mencobanya, coba Anda pindahkan kursor dari satu titik ke titik lain di dokumen Word Anda, lalu ingatlah titik-titik tersebut. Setelah itu, kliklah kedua tombol di scroll bar tersebut secara bergantian. Anda akan melihat bahwa kursor Anda berpindah-pindah dari dan ke titik-titik yang telah Anda lalui tadi.

Sedangkan tombol tengah, yang berbentuk bulatan, jika diklik akan menampilkan kotak dialog kecil berisi menu-menu tertentu, seperti Browse by Field, Browse by Footnote, Find, Go To, dan sebagainya. Anda bisa memanfaatkan menu-menu ini untuk mempermudah Anda dalam menjelajahi dokumen yang sedang terbuka.

Bukanlah senang rasanya jika kita bisa menemukan rahasia-rahasia baru?

0 comments:

Post a Comment